Thursday, December 8, 2016

Menanam Selada

Selada merupakan jenis sayur agak asing di beberapa tempat, kalau dilihat dari fisiknya, mirip campuran Kubis , sawi, dan bayam. Jika anda ingin menanam sayuran lain selain tomat, selada adalah pilihan yang menarik. 

Menanam selada sangatlah mudah, tidak memakan tempat, bahkan bisa anda kembang biakan bersama bunga, buah atau sayuran lain. Usia selada biasanya beberapa minggu sebelum siap panen, sebaiknya letakkan selada ditempat yang tidak terlalu panas, tapi cukup mendapatkan cahaya matahari.

Tanah, penanaman dan perawatan

Meskipun selada tumbuh dengan sangat baik saat terkena sinar matahari, namun usahakan jangan dijemur pada suhu yang super panas (untuk daerah panas). Untuk media tanam, sebaiknya gunakan tanah yang subur, gembur, sedikit lembab, dan pH antara 6,0 sampai 7,0. Berikan tambahan pupuk organik/kompos untuk menjaga kestabilan tanaman.

Selada bisa tumbuh dengan sangat baik di suhu yang tidak terlalu panas. Harap di ingat bahwa suhu yang panas akan mengakibatkan selada berasa pahit, dan pertumbuhan yang agak kurus. Berikan jarak pada tanaman anda sekitar 6 sampai 8 inci.

Hama daun selada paling umum adalah kutu daun. Mereka menyukai daun yang muda dan biasanya bersembunyi dan bertelur di mahkota tanaman.

Pemanenan

Anda bisa panen daun selada dari bagian luar tanaman, meninggalkan pusat kuncup (daun yang masih muda) untuk tumbuh lagi, atau secara langsung memotong tanaman tersebut semuanya. Daun selada bisa dikonsumsi pada ukuran berapapun, namun sebaiknya menunggu agak lebar dan besar.

Para petani biasanya akan memanen tanaman selada di musim yang agak dingin, seperti musim hujan. Karena itu tadi, selada akan agak sedikit pahit juga suhu sangat terik seperti kemarau. tentu saja kita bisa mengakalinya, misalnya dengan membuatkan pelindung panas matahari, ataupun rumah kaca.

..........